Senin, 23 Desember 2013

FKIP BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS BINA DARMA



Visi dan Misi

Diposting tanggal: 31 Mei 2010
Visi  Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul berbasis teknologi informasi dan Pusat Pembelajaran Bahasa Indonesia (PPBI) bagi warga negara asing di Sumatera Selatan tahun 2025

Misi Prodi Penedidkan Bahasa Indonesia
1.  Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berkualitas serta didukung teknologi informasi yang mengedepankan iman dan takwa.
2.  Melaksanakan kegiatan penelitian dengan fokus mengembangkan, membangun pemahaman baru, dan menghasilkan inovatif di bidang kebahasaan, kesastraan, dan pengajaran bahasa Indonesia yang berkelanjutan.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan informasi dan pengetahuan secara terpadu di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
4. Melaksanakan pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia untuk mengakomodasi kebutuhan warga negara asing  yang ingin belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui PPBI.
Struktur Organisasi

Diposting tanggal: 31 Mei 2010
Tugas dan Fungsi tiap-tiap unit antara  lain:
I.  Tugas dan Tanggung jawab Dekan:
1.       Memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan membina tenaga kependidikan.
2.       Bertanggung jawab kepada Rektor.
3.       Koordinasi kurikulum dan materi perkuliahan dengan program studi.
4.       Mengevaluasi kinerja program studi yang tertuang dalam visi, misi dan tujuan  program studi.
5.       Mengembangkan fakultas dalam menyelaraskan kebutuhan SDM.
6.       Menyusun rencana strategis setiap 1 tahun 1 kali pada akhir tahun akademik.
7.       Mengesahkan ijazah, skripsi, TA, sertifikat PPL.
8.       Melegalisasi ijazah dan KHS.
9.       Menjatuhkan sanksi akademik bagi mahasiswa yang terbukti melakukan pelanggaran.
10.   Berkorespodensi dengan perusahaan/instansi yang terkait dengan objek penelitian TA, PPL, dan penelitian dosen.
11.   Menetapkan melalui surat keputusan mengenai pembimbing skripsi, Tugas Akhir, PPL, termasuk judul yang dikerjakan mahasiswa.
12.   Merekomendasikan pelatihan bagi dosen yang membutuhkan.
13.   Menentukan pelaksanaan harian ketua Program Studi apabila Ketua Program Studi berhalangan tidak tetap.
14.   Mengusulkan untuk memberhentikan dosen dan mahasiswa yang tidak memenuhi syarat akademik kepada Rektor.

II. Tugas dan Tanggung jawab Ketua Program Studisebagai berikut.
1.      Mengevaluasi kinerja dosen pengasuh mata kuliah, pembimbing dan penguji.
2.      Menyusun rencana strategi setiap 1 tahun 1 kali pada akhir akademik.
3.      Menyusun dan mengevaluasi kurikulum dan materi perkuliahan pada program studi.
4.      Mengusulkan dosen pengasuh mata kuliah.
5.      Menetapkan dosen pembimbing dan penguji skripsi / PPL.
6.      Menyetujui mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti ujian komprehensif.
7.      Mengusulkan dosen untuk mengikuti pelatihan.
8.      Membuat tabel konversi pada saat yang diperlukan jika terjadi perubahan kurikulum.
9.      Melakukan evaluasi kesesuaian SAP bersama tim yang terdiri atas dosen program studi.
10.Mengusulkan penambahan dosen yang diperlukan.
11.Mengusulkan untuk memberhentikan dosen dan mahasiswa yang tidak memenuhi syarat akademik kepada dekan.
Sistem Pengelolaan

Diposting tanggal: 13 Oktober 2011
Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Program Studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling, serta operasi internal dan eksternal.
sistem pengelolaan Fakultas/Sekolah Tinggi serta ketersediaan Renstra dan Renop.
1.      Perencanaan pengelolaan FKIP dilakukan dengan baik. Perencanaan tersebut meliputi: kurikulum, pengembangan kompetensi dosen, peningkatan kemampuan mahasiswa.
2.      Pengorganisasian di FKIP dilakukan dengan menempatkan dosen yang  mengampu mata kuliah dengan  memperhatikan latar belakang pendidikan (kompetensi) dan membagi peminatan penelitian dosen.
3.      Pengembangan dosen FKIP dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan agar dapat meningkatkan kompetensinya.
4.      Pengarahan terhadap sumber daya manusia (dosen) di FKIP dilakukan dengan baik. Pengarahan tersebut meliputi: mekanisme proses pembelajaran, tertib administrasi pengumpulan soal dan SAP, pergantian dosen pengampu mata kuliah.
Penjaminan Mutu

Diposting tanggal: 13 Oktober 2011
Universitas Bina Darma memiliki Biro Penjamin Mutu (BPM UBD) yang mencakup sistem kebijakan, sistem dokumentasi, serta evaluasi kinerja yang meliputi : kinerja dosen, kinerja karyawan dan unit kerja. Dari aktivitas yang dilakukan oleh BPM UBD akan ditindaklanjuti dengan tinjauan manajemen.
MAHASISWA DAN LULUSAN

Diposting tanggal: 13 Oktober 2011
Mahasiswa
Sistem Rekrutmen dan Seleksi Calon Mahasiswa Baru dan Efektivitasnya
Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya, equitas wilayah, kemampuan ekonomi dan jender).
Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa untuk menghasilkan calon mahasiswa yang bermutu diukur dari jumlah peminat, proporsi pendaftar terhadap daya tampung dan proporsi yang diterima dan yang registrasi.

Jelaskan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru yang diterapkan pada Fakultas/Sekolah Tinggi ini, serta efektivitasnya.
Sistem Rekrutmen

1. Dilaksanakan promosi ke sekolah untuk menarik minat calon mahasiswa secara berkala. Unit marketing universitas dan personil Program Studi melakukan Roadshow ke berbagai SMU dan SMK yang ada di wilayah Sumatera Selatan. Promosi juga dilakukan dengan memasang iklan di televisi lokal dan radio, memasang spanduk-spanduk di tempat yang strategis, dan menyebarkan brosur-brosur ke berbagai wilayah dalam berbagai kegiatan.
2. Calon mahasiswa datang ke universitas   untuk mendaftar jadi mahasiswa.
3.Calon Mahasiswa mengikuti tes masuk sesuai jadwal yang telah ditentukan.
4. Untuk calon mahasiswa yang telah lulus tes dapat segera melakukan registrasi. Sedangkan bagi mereka yang tidak lulus tes masuk dapat mengikuti tes ulang.
Dosen

Diposting tanggal: 14 Oktober 2011

No
Foto
Nama Dosen / Karyawan
1
AYU PUSPITA INDAH SARI M.Pd.
2
Hj ENNY HIDAJATI S.S, M.M.
3
HASTARI MAYRITA M.Pd.
4
LINNY OKTAVIANY S.Pd.
5
MARGARETA ANDRIANI M.PD.
6
Dr. SUNDA ARIANA M.Pd., M.M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar